Intel atau AMD? Perbandingan antara Processor Intel dan AMD - DNATech

About Technology

Breaking

Wednesday, October 25, 2017

Intel atau AMD? Perbandingan antara Processor Intel dan AMD


perbandingan intel-dan amd
Intel atau AMD? Manakah yang lebih bagus?
Pertanyaan tersebut mungkin kerap kali hadir di benak Anda. Processor atau yang biasa disebut sebagai otak dari komputer sangat mempengaruhi kinerja dari komputer itu sendiri. Saat ini terdapat dua brand processor ternama yang selalu bersaing dan tentunya unggul dalam produksi hardware yaitu Intel dan AMD.


Kedua processor ini pastinya memilki ciri khas atau perbedaan baik dari segi harga maupun kualitas. Melalui artikel ini akan dibahas apa saja perbedaan dari processor Intel dan AMD seperti kelebihan dan kekurangan serta perkembangan dari masing-masing processor tersebut. Sebelum membahas lebih lanjut perbandingan antara processor Intel dan AMD ada baiknya kita mengetahui sejarah singkat dari kedua processor tersebut yang akan dijelaskan dibawah ini. 


Intel Corporation


Intel Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional yang didirikan pada tahun 1968. Perusahaan Intel berpusat di Amerika Serikat yang terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Selain itu, Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Pada 2 Januari 2006 Intel sempat mengganti logo dan slogannya, dari slogan “Intel Inside” menjadi “Intel Leap Ahead”. 

Beberapa produk processor yang telah diciptakan oleh Intel sampai saat ini :
1.     Intel® Pentium® Processor
2.     Intel® Pentium® Pro Processor
3.     Intel® Pentium® II Processor
4.     Intel® Pentium II Xeon® Processor
5.     Intel® Celeron® Processor
6.     Intel® Pentium® III Processor
7.     Intel® Pentium® III Xeon® Processor
8.     Intel® Pentium® 4 Processor
9.     Intel® Xeon® Processor
10.  Intel® Itanium® Processor
11.  Intel® Itanium® 2 Processor
12.  Intel® Pentium® M Processor
13.  Intel Pentium M 735/745/755 Processors
14.  Intel E7520/E7320 Chipsets
15.  Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
16.  Intel Pentium D 820/830/840
17.  Intel Core 2 Quad Q6600
18.  Intel Quad-core Xeon X3210/X3220
19.  Intel Core i3
20.  Intel Core i5 dan Core i7
21.  Intel Core i9



AMD Corporation


Advanced Micro Devices (AMD) merupakan sebuah perusahaan pembuat sirkuit terpadu, processor atau IC (integrated circuit) yang didirikan pada tanggal 1 Mei 1969 dan berpusat di Sunnyvale, California, Amerika. Awalnya perusahaan AMD dimulai sebagai produsen chip logika, kemudian memasuki bisnis chip RAM dan juga memperkenalkan klon reverse-engineered dari mikroprosesor Intel 8080 pada tahun 1975. Perusahaan ini merupakan penyedia processor x86-compatible processors yang terbesar kedua.

Beberapa produk processor yang telah diciptakan oleh Intel sampai saat ini :
1.     AMD K5
2.     AMD K6
3.     AMD Duron
4.     AMD Athlon
§  Athlon Classic
§  Athlon Thunderbird
§  Athlon XP (eXtrime Power)
§  Palomino
§  Thoroughbred A/B
§  Thorton          
5.     AMD Athlon 64
6.     AMD Athlon 64 FX
7.     AMD Sempron
8.     AMD 64 X2 Dual Core
9.     AMD Opteron
10.  AMD Cadiz
11.  AMD Turion
12.  AMD FM1 (Llano) dan FM2 (Trinity)
13.  AMD Bulldozer
14.  AMD Ryzen


Mungkin cukup sekian saja untuk penjelasan sejarah singkat dari processor Intel dan AMD, lumayan juga untuk menambah wawasan Anda. Baik, agar tidak bingung lagi untuk memilih processor Intel atau AMD langsung saja kita ulas satu per satu topik utama dari artikel ini yaitu kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki oleh kedua processor tersebut.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PROCESSOR INTEL


Kelebihan Intel :
1.     Intel Tidak Mudah Panas
Hal itu dapat terjadi karena temperature/suhu pada Intel dapat diatur oleh processornya sendiri (processor akan mengurangi kecepatan jika processor terlalu panas). Tentu ini akan lebih optimal dibandingkan dengan peredaman panas yang tidak diatur langsung oleh processor.

2.     Intel Unggul Dalam Segi Multimedia
Bagi yang memiliki hobi membuat video atau membuat game, Intel merupakan pilihan yang tepat untuk Anda karena proses rendering dengan processor Intel lebih cepat. Memang dengan menggunakan AMD juga bisa melakukan proses rendering, tetapi memakan waktu yang cukup lama dan kualitasnya pun masih kalah dibandingkan dengan Intel.

3.     Intel Tidak Mengeluarkan Suara Yang Berlebihan Saat Bekerja
Saat melakukan atau menjalankan sebuah proses, Intel tidak mengeluarkan suara yang ribut atau tidak enak didengar yang tentunya dapat menggangu kenyamanan pengguna. Kenapa bisa seperti itu? Karena pada Intel dipasang sebuah teknologi canggih yang disebut Heatsink. Heatsink ini pada saat bekerja tidak mengeluarkan suara maka dari itu jika kita menggunakan laptop/komputer yang tertanam processor Intel tidak akan mengeluarkan suara yang berlebihan.

4.     Intel Unggul Merek (Brand) di pasaran
Hal ini disebabkan karena processor Intel diproduksi lebih awal daripada AMD, jadi itulah yang meyebabkan nama Intel lebih dikenal di pasaran dibandingkan dengan AMD. Selain itu faktor lain yang tak kalah penting dalam menaikkan pamor Intel yakni strategi jitu dari perusahaan Intel tersebut yang mampu merebut hati para konsumen atau masyarakat agar menggunakan produknya baik dari segi kualitas produk, promosi maupun yang lainnya.

5.     Pipeline Pada Intel Lebih Panjang Dibandingkan Processor AMD

Kekurangan Intel :
1.     Intel Kurang Dalam Urusan Grafis, Gaming dan Program 3D Dibanding Dengan AMD
Dari segi grafis, AMD lah yang lebih unggul dibandingkan Intel. Hal inilah yang menyebabkan para gamer menjadi tertarik untuk membeli produk AMD. Ini merupakan suatu solusi bagi para gamer yang mungkin masih bingung memilih produk Intel ataupun AMD. Ini juga bukan berarti dengan Intel kita tidak bisa bermain game, hanya saja tampilan grafis yang masih kurang jika dibandingkan dengan AMD.

2.     Biaya Yang Lebih Banyak
Jika ingin membeli produk Intel tentu akan mengeluarkan biaya yang lebih besar daripada membeli produk AMD. Hal ini dikarenakan saat ini Intel lah yang memegang reputasi tertinggi di pasaran. Logikanya, sesuatu yang terkenal pastilah memilki kualitas yang tinggi, dan sesuatu yang berkualitas sudah pasti juga memilki harga yang tinggi. 


  
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PROCESSOR AMD


Kelebihan AMD :
1.     AMD Unggul Dalam Segi Grafis Daripada Intel
Ini merupakan salah satu hal yang terpenting bagi seorang gamer. Kualitas grafis prosesor AMD lebih bagus dan cocok untuk bermain game karena tampilan grafis dari game tersebut akan lebih menarik yang pastinya akan membuat para gamer menjadi nyaman saat memainkan sebuah game.

2.     Harga Relatif Lebih Murah Daripada Processor Intel
Satu hal lagi yang sangat menguntungkan bagi seorang yang memilki hobi bermain game. Jika ingin membeli produk AMD, kita tidak perlu merogoh kocek yang cukup banyak untuk kualitas yang tinggi bila dibandingkan dengan biaya yang diperlukan untuk membeli produk Intel. Ini disebabkan karena AMD yang belum mendominasi pasar dunia, mungkin jika AMD sudah mendominasi pasar dunia bisa saja harganya lebih mahal bahkan lebih mahal daripada Intel.

3.     Hyper Transport Technology
Processor AMD dilengkapi dengan teknologi penggandaan bus pada jalur system sehingga data yang dapat diantar dalam satu waktu lebih banyak karena lalu lintas data yang lebih cepat atau yang disebut Hyper Transport Technology.

4.     Integrated Memory Controller
Memungkinkan processor untuk melakukan pengaksesan memory langsung tanpa melewati chipset northbridge terlebih dahulu.

5.     AMD Dapat Mendektesi Malware
AMD dilengkapi dengan teknologi yang disebut Enhanced Virus Protection (EVP). Fitur ini bertujuan untuk mengecek apakah ada malware/virus atau tidak pada program yang akan dijalankan. Apabila terdapat virus, maka program tersebut tidak dijalankan. Jika tidak ada, maka program dapat berjalan atas izin AMD.

6.     Terdapat Cool n’ Quiet
Dengan teknologi ini memungkinkan penggunaan power yang efektif dan sistem yang lebih hening saat menggunakan kinerja sesuai dengan kebutuhan.

7.     AMD Lebih Baik Dalam Menangani Aplikasi Berbasis 64 bit
Kebanyakan aplikasi dan game saat ini berbasis 64 bit. Tentu hal ini disebabkan karena perkembangan teknologi yang semakin pesat dari waktu ke waktu. Melihat hal itu produsen AMD langsung mengambil tindakan dengan melengkapi processornya dengan AMD64 Technology yaitu teknologi yang sangat mumpuni untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang berbasis 64 bit.

Kekurangan AMD :
1.     AMD Lebih Cepat Panas.
Hal ini disebabkan karena AMD yang tidak dilengkapi dengan Heatsink sebagai komponen pendingin utamanya seperti yang digunakan pada processor Intel. Sebagian AMD masih menggunakan kipas sebagai komponen pendingin utamanya dan sebagian lagi sudah beranjak ke ice cooler untuk mengurangi suara yang tidak enak didengar seperti teknologi Ice Cool pada ASUS.

2.     AMD Kalah Nama Bila Dibandingkan Dengan Intel
Saat ini jumlah pengguna AMD masih kalah jauh dibandingkan dengan pengguna Intel. Hal inilah yang menyebabkan produk AMD belum terlalu dikenal oleh kalangan masyarakat. Mungkin beberapa tahun ke depan bisa saja kursi pertama Intel direbut oleh AMD karena kualitas yang tidak kalah dengan Intel bahkan bisa melebihi Intel apalagi dengan harga yang relatif lebih murah yang diberikan oleh AMD.

3.     AMD Kalah Dalam Segi Multimedia Dibandingkan Intel
Bagi Anda yang suka atau hobi dalam multimedia sebaiknya jangan menggunakan processor ini. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, processor AMD kalah dibandingkan dengan Intel dalam hal multimedia, seperti proses rendering yang lebih lama dan kualitas yang dihasilkan masih kurang jika dibandingkan dengan Intel. Dan juga Intel memang sudah dirancang untuk menangani hal-hal yang berkaitan dengan multimedia.

Kesimpulannya, mana processor yang lebih bagus? Intel atau AMD? Jawabannya adalah tergantung dari kebutuhan konsumen itu sendiri. Intel atau AMD memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan Intel berbeda dengan kelebihan AMD. Jadi, jika Anda yang memiliki hobi bermain game atau memilki tujuan untuk mendapatkan kualitas 3D game yang bagus dengan harga yang lebih murah, saya sarankan agar memilih AMD. Tetapi jika untuk kerja harian atau yang suka di dunia multimedia seperti office, corel, video, saya sarankan agar memilih Intel karena grafiknya lebih support ke multimedia yang tentu Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak dibandingkan AMD. Tetapi kenapa tidak jika mengeluarkan biaya yang lebih mahal sedikit untuk kualitas yang tentunya tinggi.
Sekian postingan artikel saya tentang Intel atau AMD? Perbandingan antara Processor Intel dan AMD. Maaf apabila terdapat kesalahan atau kalimat saya yang mungkin kurang menyenangkan. Semoga bermanfaat… :)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad