Intel Optane Memory Review - DNATech

About Technology

Breaking

Tuesday, November 28, 2017

Intel Optane Memory Review

Intel Optane Memory Review
Saat ini setiap orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang dinamakan SSD dan HDD. Perbedaan dari HDD dan SDD terdapat pada kapasitas penyimpanan dan kecepatan aksesnya. HDD memberikan kapasitas memory yang lebih besar tetapi memiliki kecepatan akses yang lambat. Berbanding terbalik dengan SSD yang memiliki kapasitas memory lebih sedikit dan memang harus mengeluarkan biaya yang lebih besar daripada HDD untuk membeli SSD ini, tetapi SSD memiliki kecepatan akses yang sangat cepat sehingga mampu meningkatkan performa PC Anda menjadi maksimal.

HDD menjadi secepat SSD?

Nah, kali ini Intel telah membuat sebuah teknologi yang mampu melakukan hal itu yaitu Intel Optane Memory. Teknologi ini memanfaatkan metode cache (memori yang menghubungkan antara HDD dan RAM dan berisikan alamat data yang paling sering diakses PC) sehingga mampu mebuat HDD menulis dan membaca lebih cepat.

Intel Optane Memory hanya hadir dengan kapasitas memori 16 GB dan 32 GB saja, berbeda dengan SSD untuk storage yang memiliki kapasitas lebih besar. SSD Cache berbasis Optane ini akan hadir dalam wujud M.2 SSD sehingga kecepatan yang dihasilkan sangat tinggi dan akses ke alamat data menjadi lebih cepat.

Intel Optane Memory Review

Benarkah Intel Optane Memory mempercepat HDD menjadi seperti SSD?

SSD Cache berbasis Optane ini akan sangat cocok dengan Anda yang ingin merasakan performa SSD di PC dengan HDD. Berdasarkan hasil pengujian, Optane mampu meningkatkan kecepatan tulis HDD hampir 2x lipat dan peningkatan kecepatan bacanya yang bisa dibilang fantastis yaitu hingga 6x lipat dari kecepatan aslinya. Sehingga akan mampu membuka OS, game, dan aplikasi menjadi lebih cepat dari biasanya. 

Apakah semua PC bisa menggunakan Intel Optane Memory?

Yap, ini merupakan salah satu kekurangan dari Intel Optane Memory ini. PC Anda harus menggunakan processor Intel Kaby Lake atau processor Intel generasi ke-7. Dan motherboard dengan chipset terbaru Intel B250 atau Z270. Selain itu harga dari SSD Cache berbasis Optane ini masih bisa dikatakan mahal. Harga dari Intel Optane Memory versi 32 GB sebanding dengan sebuah HDD berkapasitas 240 GB yaitu sekitar Rp 1,1 juta. Tetapi, tidak ada salahnya juga mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk performa yang lebih baik. Apalagi peningkatan performa yang sangat fantastis apabila menggunakan Intel Optane Memory ini.

Semoga Bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad