9 Kelebihan Serta Kekurangan OS Windows 10 - DNATech

About Technology

Breaking

Friday, November 10, 2017

9 Kelebihan Serta Kekurangan OS Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft saat ini. Banyak perubahan di Windows 10 baik dari tampilan, fitur maupun yang lainnya yang tentunya tidak terdapat pada versi Windows sebelum-sebelumnya. Tetapi, dengan kecanggihan yang diberikan Windows 10 ini masih saja ada pengguna yang ragu untuk upgrade Windows miliknya. Memang hal ini memerlukan suatu pertimbangan, mengingat Windows 10 juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan pada fiturnya. Jangan khawatir, bagi Anda yang masih bingung untuk meng-upgrade atau tidak OS Windows milik Anda, karena kali ini akan saya ulas mengenai kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada Windows 10 diantaranya :

Kelebihan Windows 10
1.   Cortana, Asisten Pribadi dari Windows 10
Cortana kali ini sudah tersedia bagi setiap perangkat yang menggunakan OS Windows 10. Sesuai namanya yaitu asisten pribadi, Cortana mampu mengetahui informasi pribadi dari pengguna, mencari dokumen, memberikan pengingat, pencarian web, dan sebagai teman mengobrol atau teman curhat.
Dengan Cortana kita juga bisa memberikan perintah melalui suara sepeti membuka aplikasi, menerjemahkan kata maupun mencari informasi lainnya. Pertama kita ucapkan “Hey, Cortana!” lalu ucapkan perintah yang Anda inginkan. Sebagai contoh : “Hey, Cortana! Open Google Chrome”

2.   Virtual Desktop, Lebih dari Satu Desktop dalam Satu Layar
Ini dia kelebihan yang lain dari Windows 10, fitur Virtual Desktop ini memudahkan pengguna dalam multi-tasking ketika bekerja di depan PC/Laptop. Pengguna dapat membuat dua atau lebih desktop dalam satu layar PC/Laptop. Setiap desktop dapat digunakan untuk membuka aplikasi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Misalnya desktop pertama digunakan untuk membuat tugas. Sedangkan desktop kedua digunakan untuk hiburan seperti menonton film, streaming youtube dan seterusnya sampai berapa banyak desktop yang Anda butuhkan.
Selain fitur Virtual Desktop, pada Windows 10 juga dapat menampilkan lebih dari satu aplikasi dalam satu layar pada waktu yang bersamaan. Pengguna mampu melihat semua aplikasi secara cepat dan memilih aplikasi berjalan yang ingin dibuka yang tentunya akan membantu pengguna dalam bekerja sehingga menjadi lebih efisien.

3.   Munculnya Kembali Tombol Start Menu di Windows 10
Pada Windows 8 dan Windows 8.1 sebelumnya tombol start menu ini sempat menghilang. Sesuai permintaan dari para pengguna Windows, Microsoft kembali menghadirkan tombol start menu pada produk Windows 10. Dengan adanya tombol start menu ini akan semakin memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitas apalagi dengan tampilannya yang keren, elegan, dan modern namun masih tetap sederhana. Selain itu, fitur Live Tiles yang sebelumnya ada pada Windows 8 juga tetap dipertahankan.

4.   Microsoft Edge
Saat ini keberadaan Internet Explorer sudah diganti dengan browser bawaan Windows 10 yang baru yaitu Microsoft Edge. Keunggulan dari Microsoft Edge ini adalah sangat ringan ketika dijalankan dan memilki fitur-fitur lain sepeti mampu mencoret, menggambar, dan memberikan catatan di laman web. Selain itu, Microsoft Edge juga memilki fitur reading list sehingga dapat menyimpan laman tersebut untuk membacanya di lain waktu.

5.   Windows Store
Kelebihan lainnya dari Windows 10 adalah adanya Windows Store. Dengan Windows Store pengguna bisa mengunduh aplikasi, game, musik, film, TV, dan buku yang diinginkan baik yang berbayar maupun yang gratis. Dan kita juga dapat melihat baik aplikasi, game, musik, film, TV, dan buku yang sedang populer. Tentu semua konten yang ada di Windows Store sudah mendapat sertifikasi dari Microsoft sehingga sudah terjamin untuk keamanan perangkat.

6.  Windows Hello, Sign-In ke PC/Laptop dengan Scan Retina, Wajah maupun Jari Anda

Windows Hello merupakan sistem keamanan yang disediakan agar dapat sign-in ke PC/Laptop dengan cepat dan mudah tanpa perlu mengetik password. Untuk sign-in ke perangkat, Anda hanya perlu mengedipkan mata di depan layar maka secara otomatis akan membuka kunci PC/Laptop Anda. Selain men-scan mata (retina), kita juga bisa sign-in ke PC/Laptop hanya dengan scan wajah atau jari dengan fitur Windows Hello ini.

Fitur Continuum merupakan fitur di Windows 10 yang mampu menghubungkan antara smartphone dengan PC atau laptop. Kita hanya perlu menghubungkan smartphone dengan PC atau laptop maka tampilan dari smartphone akan muncul di layar PC atau laptop Anda, demikian juga sebaliknya. Tetapi, ada beberapa persyaratan untuk smartphone yang ingin menggunakan fitur ini yaitu minimal speknya adalah resolusi layar 720p, internal storage 8 GB, Bluetooth 4.0, dan WiFi 802.11n.

Bagi yang belum upgrade ke Windows 10 saya sarankan agar cepat-cepat upgrade ke versi Windows 10, apalagi jika Anda yang hobi bermain game. Windows 10 telah menghadirkan DirectX 12 yang meningkatkan performa gaming PC atau Laptop Anda. Pada Windows 10 akan tersedia opsi Game Mode yang boleh dipakai atau tidak, apabila dipakai maka game akan dijadikan prioritas sehingga meningkatkan kualitas game yang dimainkan.

9.   Upgrade ke Versi Terbaru Secara Gratis
Satu lagi kelebihan dari Windows 10 adalah apabila ingin meng-upgrade dari versi lama Windows 10 ke versi terbarunya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Upgrade Windows ini akan secara otomatis berjalan di PC atau Laptop Anda karena Windows Update sudah aktif di Windows 10. Bagi Anda yang tidak suka atau tidak ingin, Anda bisa dengan mudah mematikan Windows Update tersebut. Tetapi Anda harus mengeceknya secara manual di Windows Update apabila ingin mengetahui apakah ada update atau tidak.

Kekurangan Windows 10
1.   Sering Ada Update dan Tidak Pernah Final
Update Windows 10 ini tidak seperti versi-versi Windows sebelumnya yang di-update beberapa tahun sekali dan patch tuesday yang rutin sebulan sekali dirilis. Update Windows 10 tidaklah menentu, tergantung dari Microsoft apakah ada fitur yang kurang atau tidak. Dalam setahun kira-kira akan ada dua kali update besar-besaran, sedangkan dalam sebulan bisa lebih dari dua kali update dan patch dirilis.
Microsoft menyatakan bahwa Windows 10 merupakan versi Windows terakhir yang mereka keluarkan. Dengan kesimpulan bahwa Windows 10 akan terus berevolusi dan tidak pernah mengenal kata “final”. Jadi, jika Anda pengguna Windows 10 bisa dikatakan Anda akan hidup dengan update yang tidak ada habisnya alias unlimited. 

2.   Banyak Menghabiskan Kuota Internet
Imbas dari terlalu seringnya update Windows 10 adalah banyaknya menghabiskan kuota internet. Dalam setahun akan ada dua kali update besar-besaran yang menghabiskan kuota kira-kira 2,5 – 4 GB, apalagi ada update perbulannya yang belum tentu berapa kali ada update dengan masing-masing update kira-kira menghabiskan kuota dari puluhan hingga ratusan MB.

3.   Belum Banyak Aplikasi Desktop di Windows Store
Bisa dikatakan saat ini belum banyak aplikasi desktop populer yang mau beralih ke Windows Store. Kebanyakan aplikasi masih berupa aplikasi klasik (win32). Hal ini pastinya akan berubah seiring dengan berjalannya waktu melihat semakin bertambahnya pengguna Windows yang sudah meng-upgrade Windows versi lama mereka ke versi terbaru Windows 10 ini.

Gimana? Sudah nggak bingung lagi mau upgrade ke Windows 10 kan? Sekian artikel saya mengenai 9 Kelebihan Serta Kekurangan OS Windows 10 yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua :)


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad